Senin, 18 Mei 2009

Definisi Tanaman Sayuran dan Buah-buahan Tahunan

Tanaman sayuran tahunan
Yang dimaksud adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman berupa daun dan atau buah, berumur lebih dari satu tahun serta berbentuk pohon.

Tanaman buah-buahan tahunan
Yang dimaksud adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman berupa buah dan merupakan tanaman tahunan, umumnya dapat dikonsumsi tanpa dimasak lebih dahulu.

Jenis tanaman buah-buahan tahunan dikelompokkan dalam 3 jenis, yaitu:
  • Jenis tanaman buah-buahan yang tidak berumpun dan dipanen sekaligus. Kelompok buah-buahan ini biasanya berbuah menurut musim. Meskipun dalam kriteria ini digolongkan dalam panen sekaligus, keadaannya di lapangan tidaklah berlaku mutlak seperti tersebut di atas, sebab waktu dipanen masih ada buah yang belum masak atau sebagian buah telah dipetik sebelumnya karena masaknya lebih awal. Keluarnya bunga yang relatif serempak merupakan dasar penggolongan ini. Contoh: mangga, manggis, rambutan dan duku/langsat/kokosan.
  • Jenis tanaman buah-buahan yang tidak berumpun dan dipanen berulangkali/lebih dari satu kali dalam satu musim/tahun. Dipanen terus-menerus satu tahun. Contoh: pepaya, sawo, jambu biji, belimbing, nangka, an sirsak. Dipanen terus-menerus satu musim. Contoh: alpukat, durian, jeruk, apel, dan jambu air.
  • Jenis tanaman buah-buahan yang berumpun dan dipanen terus-menerus. Contoh : salak, nenas, dan pisang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar