Senin, 20 April 2009

Apa Yang Dimaksud Laju Pengeringan?

Proses pengeringan dapat dibagi menjadi dua periode yaitu periode laju pengeringan tetap dan periode laju pengeringan menurun. Periode laju pengeringan tetap akan terjadi pada sejumlah massa bahan yang mengandung banyak air sehingga membentuk lapisan air yang selanjutnya akan mengering dari permukaannya. Laju pengeringan tetap akan berhenti pada saat air bebas dipermukaan habis dan laju pengurangan kadar air akan berkurang secara progresif. Kadar air pada saat laju pengeringan tetap berhenti disebut kadar air kritis.

Pada periode laju pengeringan menurun, air yang diuapkan dari permukaan bahan lebih besar daripada perpindahan air dari dalam bahan ke permukaan bahan. Proses pengeringan pada laju pengeringan menurun terjadi dua proses yaitu pergerakan kadar air dari dalam bahan ke permukaan bahan secara difusi dan perpindahan kadar air dari permukaan bahan ke udara bebas (Hall, 1980). Pola penurunan kadar air selama pengeringan dapat dilihat pada Gambar 1.

  1. Tahap A – B, tahap ini merupakan periode pemanasan (warming up period), terjadi selama kondisi permukaan bahan menuju keseimbangan dengan udara pengering. Pada periode ini tidak banyak terjadi perubahan kadar air dari bahan yang akan dikeringkan.
  2. Tahap B – C, tahap ini dikenal sebagai periode laju pengeringan tetap (constant rate period). Selama periode ini permukaan bahan tetap jenuh dengan air karena pergerakan air dalam bahan menuju permukaan seimbang dengan penguapan air dari permukaan bahan.
  3. Titik C adalah titik kadar air kritis (critical moisture content). Titik kadar air terendah di mana laju pergerakan air bebas dari dalam bahan ke permukaan bahan sama dengan laju penguapan air maksimum dari permukaan bahan.
  4. Tahap C – E, tahap ini dikenal sebagai periode laju pengeringan menurun (falling rate period), periode ini terdiri dari dua bagian yaitu periode laju pengeringan menurun pertama (first falling rate period) dan periode laju pengeringan menurun kedua (second falling rate period). Di dalam periode laju pengeringan menurun terdapat dua proses yaitu pergerakan air dari dalam bahan ke permukaan bahan dan penguapan air dari permukaan bahan.


1 komentar:

  1. sangat bermanfaat nih posting nya
    makasi banget kk, buat tugas kuliah ku

    tropicalady.blogspot.com

    BalasHapus